Film Romantis Versi Pagibening

Jika saya Tanya apa film paling romantis yang pernah anda tonton? Mungkin bagi sebagian atau kebanyakan orang akan menjawab Titanic, Romeo&Juliet atau mungkin ada yang menjawab Radit & Jani. Kalo jawaban saya diantaranya Beautiful Mind, Momment To Remember dan Samurai X The Movie (film kartun tapi saya agak lupa episode yang keberapa). Kenapa saya memilih film-film tersebut, berikut saya ulas ringkasan cerita dari film-film tersebut.

A Beautiful Mind

Film ini mungkin terkenal bagi orang-orang matematika, fisika, ekomomi atau hacker yang senang dengan kriptografi. Loh dimana romantisnya? Bukan karna saya jago matematika, fisika, ekonomi atau seorang hacker saya senang film ini saya paling nyerah dengan semua pelajaran diatas, saya tulis ringkasan cerita garis besarnya kalo ada kesalahan mohon maklum soalnya ketika saya nonton gak ada translate berbahasa indonesianya dan nontonya jaman baheula kala(zaman dulu banget).hehehe… Ok, begini ceritanya:

Di salah satu universitas terbaik didunia, Universitas Princeton, dimana tempat berkumpulnya orang-orang jenius dari berbagai Negara, ada salah seorang dari mereka bernama John Nash. Dia Istimewa, dalam pikirannya terdapat imajinasi yang luar biasa, dia sering menulis rumus-rumus yang sulit di kaca jendela kamarnya, dikamarnya itu ia ditemani seorang teman terbaiknya yang selalu menemaninya bahkan saat sedih pun menghiburnya. Karena kepintarannya ia pun menjadi sorang professor dan mengajar di universitas tersebut. Suatu saat ia didatangi agen Departemen Pertahanan Misterius yang bernama William Parcher kemudian Nash diundang ke Departemen Pertahanan Rahasia Amerika Serikat di Pentagon untuk memecahkan enkripsi rahasia. Parcher memberikan tugas baru kepada Nash untuk memecahkan kode-kode rahasia dikoran dan majalah ia hubungkan menjadi suatu informasi untuk menggagalkan plot Soviet, dia harus menuliskan laporan temuan yang ia dapatkan di sebuah kotak surat, dimana surat itu di cap dengan tulisan “TOP SECRET”. Ia sangat dingin terhadap wanita sampai ada seorang muridnya yang sangat cerdas bernama Alicia dapat membuatnya tertarik dan akhirnya John Nash menikahi wanita tersebut.

Setelah menikah ia seperti diteror selalu ada orang yang mengikutinya, Ia merasa terancam dan dalam bahaya. Sampai ketika ia sedang memberikan kuliah tamu di Harvard University , ia dikepung oleh orang-orang, lalu John Nash pun berhasil diringkus dan dimasukan ke Rumah Sakit Jiwa. Ketika bertemu istrinya ia menceritakan semua rahasianya tentang tugasnya memecahkan code-code rahasia tapi istrinya berkata β€œsayang, kamu ini sakit, itu hanya ada dalam imajinasimu, temanmu menemukan berkas-berkas informasi yang kau kirimkan, dan dokumen dengan cap “TOP SECRET” itu tidak pernah ada yang membukanya, semuanya itu tidak ada” Kemudian John Nash memeriksa kode rahasia yang di inplan ke tubuhnya, sampai Ia menyayat tangannya dan ia tak menemukan apa-apa.

Ternyata dengan segala imajinasinya tidak bisa membedakan kenyataan dan imajinasi. Teman sekamar imajiner, gadis kecil yang lucu pun imajiner bahkan semua tentang Parcher dan departemen perthanan misterius itu pun imajiner. Tidak semudah itu untuk sembuh ia harus diestrum berkali-kali untuk penyembuhannya, dan berubahlah John Nash yang super jenius menjadi John Nash yang hampir idiot atau mungkin hampir gila.

Lalu diamana romantisnya???

Istrinya selalu menemaninya, dalam keadaan semarah apapun. meskipun John Nash tak pernah meperdulikannya ia tetap disisi John Nash, Ia tetap bersyukur, tetap menemani John Nash, Ia selalu memberi dukungan kepada suaminya, memperhatikannya untuk minum obat dan sebagainya. Setelah berangsur sembuh istrnya menganjurkan untuk kembali mengajar. Tapi dihari pertama Ia masuk Ia membuat kekacauan karena Ia berteriak-teriak dikampus meneriaki teman-teman imajinernya yang belum juga hilang dari pandangannya, dan istrinya selalu bilang, “Coba lagi besok yah sayang.”. Ia pun selalu membuatkan bekal makan untuk suaminya. Demikian lah berlanjut hingga John Nash pun menjadi tua, ia datang kekampus dan menjadi bahan tertawaan mahasiswanya. Suatu saat ia bertemu dengan seorang mahasiswa ketika seperti biasanya ia sedang mencorat-coret kaca jendela perpustakaan, dan mahasiswa itu bertanya tentang beberapa teori yang ia buat kepada John Nash, akhirnya John Nash pun mememukan cara mengajar yang tepat. Banyak mahasiswa yang ikut bergabung dan istrinya pun dipanggil untuk melihat keajaiban itu. Dan lihatlah expresi wajah bahagia istrinya di film tersebut, mengharukan.

Bertahun-tahun berlalu, ia pun semakin tua dan John Nash menjadi dosen yag paling disenangi mahasiswanya, semua orang menghormatinya sampai datanglah seorang lelaki tua yang mengabarkan bahwa ia mendapatkan nobel, itu berarti ilmunya bermanfaat tidak hanya bagi orang-orang disekitarnya, atau negaranya tapi bagi seluruh dunia. Bayangkan betapa kuat semangat yang diberikan istrinya hingga ia bisa sehebat itu meski sampai tua pun ia masih belum bisa menghilangkan teman-teman imajinernya.

A Beautiful Mind is a 2001 American film based on the life of John Forbes Nash, Jr., a Nobel Laureate in Economics

Cinta sejati adalah bukan cinta sehidup semati, seperti yang diceritakan dalam kisah Romeo dan Juliet, tapi cinta yang senantiasa tetap hadir saat sepi, sedih, bahagia, kecewa, luka, marah, gundah, pilu. Hehehe.. pokoknya senatiasa hadir setiap saat, setiap waktu. Saling memperbaiki, melengkapi, bukan menilai, membandingkan atau mengetest tapi saling menutupi kekurangan. tak pernah berubah menjadi benci tetap hadir keiklasan dan ketulusan. Kita akan mudah mencintai seseorang jika kita merasa seseorang itu sangat hebat, sangat ideal, sangat perpect, maka kita akan melakukan apa pun untuk mendapatkannya, untuk mempertahankannya karena merasa dialah satu-satunya orang yang akan membuat kita bahagia sehingga ketika kita tak memilikinya dunia seperti hancur dan tak berharga, sehingga mengambil jalan bunuh diri itu disebut romantis dan diagung-agungkan atau ketika kita jatuh cinta dengan sekarela melakukan hal-hal yang haram atas nama cinta dan cerita-cerita itu sangat disukai, bukan berarti saya tidak tertarik dengan kisah-kisah romantis Romeo&Juliet bahkan saya ada yang hapal dialognya. Hanya saja saya lebih memilih cerita yang dibahas diatas dan 2 cerita yang akan saya bahas selanjutnya di episode yang lain, InsyaAllah. Hehe..

Kita akan mudah mencintai seseorag ketika ia hebat, tapi ketika ia tak sehebat apa yang dibayangkan. Apa yang akan anda lakukan? Meratapi nasib? Menyalahkan? Menghakimi? Meninggalkan? Mengganti? Berpaling? Atau menemani setiap saat, senantiasa memberinya senyuman agar semangat menjadi orang yang lebih hebat dari sebelumnya.

Ini pelajaran yang sangat indah untukku. Suamiku, aku ingin sekali seperti Alicia tapi belum bisa sehebat dia. Hanya aku rasa aku tetap memiliki cinta yang sama besarnya dengan istrinya John Nash, hanya tak bisa sehebat itu menunjukannya, mencintaimu dengan lebih sederhana, dengan segala kelemahan dan kekuranganku, I Love U. πŸ™‚

Iklan

25 thoughts on “Film Romantis Versi Pagibening

  1. So sweet,,, πŸ™‚
    setuju banget kalo film ini jadi film teromantis teh.. πŸ™‚

    alicia bener2 kasih pelajaran berarti bagi istri2 untuk tetap ada disisi suami, mendukung dan menguatkan saat susah maupun senang.. πŸ™‚

    siti khadijah juga contoh terbaik kita para wanita kan teh??
    pengen banget bisa meneladani beliau… πŸ™‚

    salam teh..

    1. Benar sekali teh, Siti Khodijah adalah teladan terbaik bagi kaum wanita.
      Dalam film ini seperti dikatakan banyak orang. Ada seorang wanita dibelakang layar yang menjadikan seorang pria menjadi hebat.

    1. Ini juga cocok untuk direkomendasikan untuk anak2 IT banyak ngebahas kriptografi. Dulu juga V tahu film ini awalnya waktu diputar nontong bereng jurusan IT kok. Cuma V aja yang mengkategorikan romantis.hihi….

  2. membaca sinopsisnya jadi pengen nonton filmnya nih
    kebetulan saya juga suka film bergenre roman πŸ™‚
    salam kenal dari bintangair mbak…
    semoga berkenan untuk berkunjung ke bintangair.. ^^

  3. Gyaaaaaaa saya suka gak kuat nonton pilem yang romantis.. bawaannya pasti bikin mewek.. πŸ˜₯

    Jadi, saya lebih milih pilem aksi, thriller, ato pilem yang butuh mikir…. πŸ˜€

  4. wah, aq pernah nonton tuh A beautiful mind. Membakar semangat tuk belajar… tp dari film itu juga kita diajar utk bisa adil terdadap diri dan ilmu yg kita pelajari…

  5. muhun teh…abdi ge tos nonton film eta…lami teu tepang, abdi tos off ti dunia per-facebookan heheheh…semoga keluarga selalu dalam lindungan-Nya amin…salam kanggo Suami sareng keluarga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s